Tuesday, January 26, 2010

Surat Terbuka Anjing Galak

Pembaca yang selalu kami rindukan,


Sebut saja kami Anjing Galak Penerbitan. Berawal dari sebuah kesadaran bahwa di antara berbagai macam pekerjaan, urusan pribadi, pelajaran dan waktu bermain, kami masih memiliki kesempatan emas untuk memperoleh dan mempelajari berbagai macam bacaan istimewa baik yang kekinian maupun sudah lampau. Berbagai macam bacaan tersebut begitu banyak menginspirasi kami, menggugah relung-relung kemalasan kami sehingga akhirnya kami memutuskan untuk berbuat sesuatu.

Akhirnya kami diskusikan. Mengetik. Menerjemahkan. Mendesain ulang. Membuat situs.

Tentu, situs ini hanyalah sebuah situs biasa seperti layaknya ratusan juta situs lainya, dan tak lepas dari banyak kesalahan dan kekurang-ajaran disana-sini. Jujur saja, kami tak terlalu perduli mengenai itu. Kami jauh lebih ingin peduli pada anda sekalian yang dengan riang hati mau sekedar mengunduh, membaca, merenungkan atau bahkan memimpikan. Apalagi bagi anda, yang dengan besar hati hendak berkontribusi menerjemahkan, mengetik ulang, membuka ruang-ruang diskusi atau tergerak melakukan suatu aksi, apapun bentuknya.

Situs ini kami persembahkan bagi anda semua yang percaya bahwa gagasan takkan pernah mati dan senantiasa memiliki kaki: Bahwa berbagai perubahan sosial dan banyak tindakan mengagumkan berasal dari sebuah gagasan yang terus dipelihara dan tak pernah habis dari waktu ke waktu, sebanyak apapun keputusasaan dan ketakutan mengganjal. Dan setiap pemikiran selalu berpijak pada pundak pemikiran sebelumnya. Oleh sebab itu tak pernah bisa kita berteriak begitu congkak bahwa gagasan itu hanya milikku semata, dan siapapun yang menginginkannya harus membelinya dari aku! Kita percaya bahwa gagasan pada awalnya tak pernah berasal murni dari rasio kita sendiri, oleh karena itu harus senantiasa kita bagi. Ia dapat berjalan, menyebar, menyadarkan dan memecahkan kebekuan.

Anggap saja kami sebuah gonggongan kecil, yang terus menjadi keras dan akan bersatu dengan jutaan gonggongan lainnya. Hingga akhirnya menjadi sebuah peringatan, yang akan terus menbuat resah ketentraman rezim penindasan dan ketidakadilan.

Jabat erat dan senyum hangat,
Anjing Galak Penerbitan

No comments:

Post a Comment